Rabu, 20 Februari 2008

Arti Menikah??

Suatu kali ketika mantan presiden USA Bill Clinton sedang menemani istrinya kampanye menjadi presiden di sebuah negara bagian USA mendapatkan pertanyaan yg cukup menarik dari salah seorang anak kecil.
“Mr Bill, what do you think about the meaning of marriage?” Pertanyaan ini simpel dan tidak sulit sebenarnya untuk ukuran pertanyaan dari sebuah kampanye calon presiden USA. Namun pertanyaan ini terasa berat sekali bagi seorang Bill Clinton karena dia pernah mengalami skandal dengan mantan sekretarisnya Monica Lewinsky dan pertanyaan ini diajukan oleh seorang anak kecil yg disaksikan oleh seantero USA karena disiarkan secara langsung.
Ada sebuah jawaban yang sangat menarik dari Bill Clinton terhadap pertanyaan anak kecil ini. “Menikah adalah sebuah komitmen kita untuk hidup selamanya bersama sahabat kita!” Dia berkata bahwa sejak kecil kita berteman dan akhirnya memiliki seorang sahabat yg selalu ada dalam hati kita. Komitmen untuk hidup bersama sahabat kita selamanya itulah yang disebut marriage!
Jawaban yang sangat indah sekali dan keluar dari mulut seorang mantan presiden USA yang pernah mempunyai skandal dengan mantan sekretarisnya. Di sini kita bisa melihat bahwa dalam pernikahan berarti kita mempunyai komitmen untuk hidup bersama dengan sahabat kita. Jadi pasangan kita dalam hidup ini, baik istri kita atau suami kita adalah seorang sahabat yang terbaik yang pernah ada. Tempatkan lah dia sebagai peran seorang sahabat. Bukan pembantu bukan atasan kita.Seorang sahabat!
Tulisan ini mungkin tidak berarti apa-apa namun dari hal yg saya alami saya belajar untuk menempatkan pasangan kita sebagai seorang sahabat yang saling menolong, saling melengkapi, saling mengasihi, saling setia, saling menegor, saling mengingatkan, saling memberi, saling berkorban, saling mengampuni, saling tertawa, saling menangis, saling……yang lain.Ingat SALING! Bukan salah satu! Dua pihak!
Kita lihat dari contoh diatas ketegaran seorang calon presiden USA wanita pertama Hillary Clinton. Ketika suaminya terbukti berselingkuh dengan mantan sekretarisnya, dia bisa memerankan diri sebagai seorang sahabat yang mau mengampuni kesalahan sahabatnya terhadap dirinya dan memberinya kesempatan untuk berubah. Bagaimana dengan kita???

Tidak ada komentar: